Italia Terancam Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2018

/
0 Comments
babak play-off Piala Dunia zona Eropa
Babak Play-off Piala Dunia Zona Eropa
Matagol - Pada babak play-off Piala Dunia zona Eropa, Timnas Swedia mengalahkan Italia dengan skor tipis 1 - 0 alhasil kini Italia terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Pada pertandingan di Friends Arena, Stockholm, Sabtu (11/11/2017) dinihari WIB, berkat gol yang dicetak Jakob Johansson pada menit ke-61, Swedia mendapatkan keuntungan pada leg pertama laga play-off Piala Dunia 2018.

Kekalahan ini memaksa Gli Azzurri untuk wajib menang pada leg 2 di San Siro tiga hari mendatang. Jika kembali gagal, negara peraih titel 4 kali juara dunia ini terancam menjadi penonton di putaran final Rusia 2018 nanti.

Swedia yang memiliki catatan 4 kemenangan dari 5 partai kandang terakhir, memperlihatkan permainan apik dalam menyerang di babak pertama. Namun, pemain-pemain Italia terutama di lini pertahanan yang sarat akan pengalaman membuat pertandingan cederung berlangsung alot sejak awal.

Italia memainkan formasi 3-5-2 pada pertandingan ini. Andrea Belotti yang tak sepenuhnya fit menjadi starter di lini depan bersama Ciro Immobile. Belotti mendapatkan peluang emas untuk membawa Italia unggul di menit keenam. Namun, sundulannya meneruskan umpan silang Matteo Darmian masih melebar.

Tim tuan rumah yang mendapatkan dukungan mayoritas dari suporter memperlihatkan ambisi besar untuk bisa membuka keunggulan sehingga bermain lebih menekan. Tak berselang lama, Swedia merespons melalui aksi Ola Toivonen. Akan tetapi, sepakan jarak jauh Toivonen tak menemui sasaran.

Di menit ke-38, sebuah kesalahan Giorgio Chiellini membuat Italia nyaris kebobolan. Beruntung buat timnas Italia, Gianluigi Buffon masih bisa menggagalkan tembakan Marcus Berg. Namun, hingga turun minum tidak ada gol yang tercipta di babak pertama.

Italia memiliki peluang di awal babak kedua melalui Antonio Candreva. Tembakan jarak jauh Candreva tepat menemui sasaran, namun masih bisa dihalau oleh kiper Swedia, Robin Olsen. Pada menit ke-55, Olsen kembali menyelamatkan gawangnya dari ancaman Marco Parolo.

Gol Tunggal Jakob Johansson Menangkan Swedia Dibabak Play-off
Gol Tunggal Jakob Johansson Menangkan Swedia Dibabak Play-off
Albin Ekdal mengalami cedera pada menit ke-57 lalu digantikan dengan Jakob Johansson namun pergantian pemain malah membuat dewi fortuna memihak ke Swedia. Baru empat menit berada di lapangan, ia tampil sebagai pemecah kebuntuan serangan.

Berawal dari lemparan ke dalam, Johansson langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan sundulan dari Ola Toivonen. Tembakannya berbelok arah karena mengenai badan Daniele De Rossi sehingga kiper Italia, Gianluigi Buffon mati langkah dan tak sanggup mencegah bola masuk ke dalam gawangnya.

Italia nyaris menyamakan skor saat laga berjalan 71 menit. Tapi, sepakan jarak jauh Darmian masih membentur tiang gawang. Di sisa waktu, tak ada lagi gol yang tercipta dan pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Swedia.

Hasil ini, membuat Meatballers mendapatkan keuntungan untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Pada leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (13/11/2017) waktu setempat, Swedia hanya butuh hasil imbang, sedangkan Italia wajib menang minimal 2-0 jika ingin berlaga di Rusia.

Baca Juga : Griezmann Siap Pindah Ke Camp Nou

Susunan Pemain Swedia vs Italia :

Swedia : R Olsen; Krafth (Svensson 83), Granqvist, Lindelof, Augustinsson; Claesson, Ekdal (Johansson 57), Larsson, Forsberg; Berg (Thelin 74), Toivonen
Pelatih: Janne Andersson

Italia : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Verratti (Insigne 76), Darmian; Immobile, Belotti (Eder 65)

Pelatih: Giampiero Ventura

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)


You may also like

Tidak ada komentar: